Share

Daftar Tarif Rapid Antigen di Rumah Sakit hingga Bandara, Mana yang Termurah?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 13:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi. (Foto: Nypost)

KEMENTERIAN Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Masyarakat menetapkan batasan tarif tertinggi pemeriksaan Rapid Test Antigen sebesar Rp250 ribu untuk Pulau Jawa dan Rp275 ribu untuk luar Pulau Jawa. Ketetapan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/I/4611/2020 yang dikeluarkan per 18 Desember 2020.

Sekretarias Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Azhar Jaya menyatakan bahwa penetapan batasan tarif tertinggi tersebut, sebagai bentuk kepastian terhadap disparitas harga pemeriksaan Rapid Test Antigen di fasilitas kesehatan. Adapun penetapan biaya ini melalui pembahasan bersama antara Kementerian Kesehatan dengan BPKP berdasarkan hasil survey dan analisa pada fasilitas pelayanan kesehatan.

"Batasan tarif pemeriksaan ini sebagai bentuk kepastian tarif bagi masyarakat dan pemberi layanan, serta memberikan jaminan kepada masyarakat agar mudah mendapatkan layanan pemeriksaan Rapid Test Antigen," kata Azhar dikutip dari keterangan resminya di laman Sehat Negeriku, Senin (21/12/2020).

Dalam surat edaran tersebut, disebutkan bahwa besaran tarif tertinggi hanya berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan Rapid Test Antigen mandiri, dan harga tersebut tidak berlaku bagi fasilitas pelayanan kesehatan dan faskes yang mendapat hibah atau bantuan alat atau Reagen atau APD atau BHP dari pemerintah.

Nah, usai Kemenkes menetapkan tarif tertinggi Rapid Test Antigen tersebut, bagaimana penerapannya di lapangan?

Baca Juga: Apa Kelebihan dan Kekurangan Rapid Test Antigen?

Berdasar informasi yang diterima Okezone, Aplikasi Halodoc memberikan layanan Rapid Test Antigen ini dengan harga Rp299 ribu. Harga ini keluar pada 6 November 2020. Belum ada keterangan lanjutan soal update harga dari Halodoc.

Untuk lokasi pengambilan sampel, di Jakarta dapat ditemukan di Cibis Park, Cilandak. Sedangkan, di Surabaya bisa ditemukan layanan Rapid Test Antigen dari Halodoc ini di Parkir Cahaya Diagnostic, Gubeng, Surabaya.

Sementara itu, di Primaya Hospital Tangerang, Bekasi Barat, dan Karawang, Anda yang mau melakukan pemeriksaan Rapid Test Antigen tarif yang diberikan ialah Rp249 ribu. Hasil bisa diterima hanya dalam waktu 15 hingga 30 menit setelah sampel diambil.

Begitu juga di Siloam Hospital Grup, rapid antigen dihargai Rp249 ribu hingga Rp399 ribu dengan tambahan konsultasi dokter dan vitamin.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di sisi lain, pemeriksaan Rapid Test Antigen bisa Anda lakukan di beberapa bandar udara. Harga yang ditawarkan setiap bandara pun beragam, mulai dari Rp170 ribu hingga Rp200 ribu, berikut ini daftarnya khusus untuk Okezoners:

1. Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali

Di sini Anda akan dikenai biaya Rp170 ribu sekali tes dan hasilnya dapat diketahui dalam sejam.

2. Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah

Sama dengan di Bali, biaya Rapid Test Antigen adalah Rp170 ribu. Hasil didapat sejam setelah sampel diambil.

3. Bandara Internasional Yogyakarta, DIY

Masih sama dengan sebelumnya, di sini sekali tes dikenai biaya Rp170 ribu. Hasil didapat sejam setelah sampel diambil.

Baca Juga: 5 Fakta Rapid Test Antigen yang Tidak Diketahui Banyak Orang

4. Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan

Rapid Test Antigen di sini dikenai biaya Rp175 ribu, lebih mahal Rp5 ribu dari sebelumnya namun masih sesuai dengan apa yang ditetapkan Kemenkes. Hasil tes didapat sejam setelah sampel diambil.

5. Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur

Kalau di sini, Rapid Test Antigen harganya Rp170 ribu dengan hasil didapat sejam setelah sampel diambil.

6. Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah

Biaya Rapid Test Antigen di sini sebesar Rp170 ribu dengan hasil dapat diketahui dalam sejam usai sampel diambil.

7. Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Seperti kebanyakan bandara, di sini pun Anda perlu merogok kocek Rp170 ribu untuk sekali Rapid Test Antigen dengan hasil dapat diketahui sejam setelah sampel diambil.

8. Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten

Kalau di sini, harga Rapid Test Antigen berbeda dari bandara lainnya. Sekali tes di sini Anda dikenai tarif Rp200 ribu namun hasilnya bisa didapat lebih cepat yaitu hanya dalam waktu 15 menit.

 

9. Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat

Sama dengan tarif di Bandara Soekarno-Hatta, di sini Anda dikenai tarif Rp200 ribu dengan waktu tunggu hasil selama 15 menit.

Dari paparan tersebut, dapat dikatakan bahwa tarif Rapid Test Antigen yang ditetapkan di beberapa bandara masih dalam batas aman sesuai dengan ketetapan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan.

1
2