Share

Selamat Hari Ibu, Saatnya Mempererat Hubungan dengan Anak

Helmi Ade Saputra, Okezone · Selasa 22 Desember 2020 05:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 612 2331729 selamat-hari-ibu-saatnya-mempererat-hubungan-dengan-anak-dNm3E45Eex.jpg Ilustrasi. (Foto: Thechampatree)
A A A

HARI Ibu diperingati setiap 22 Desember 2020. Makna Hari Ibu pun sangat berkesan, salah satunya jika menjalin hubungan erat dan hangat antara ibu dan anak, dapat menghindarkan anak dari perilaku negatif loh!

Diungkapkan Psikolog Anak dan Keluarga Vera Itabiliana Hadiwidjojo, mengingat dampaknya yang positif, kedekatan hubungan antara anak dan ibu khususnya patut dipertahankan. Terlebih di tengah gempuran distraksi media sosial, yang terkadang membuat sulit untuk fokus saat menghabiskan waktu berkualitas dengan orang terdekat.

"Kedekatan antara ibu dan anak dapat mengurangi risiko anak untuk memiliki hubungan yang tidak sehat di masa depannya. Ibu adalah tempat kita kembali saat dunia luar membuat kita kesusahan dan gelisah," ujarnya lewat keterangan resminya.

Baca Juga: Sejarawan: Hari Ibu Zaman Now, Harinya Emak-Emak

ibu

Di sisi lain, tambahnya, ibu juga memiliki kebutuhan, paling tidak ada empat kebutuhan utama, yaitu dicintai tanpa syarat, ditenangkan saat stres, kejujuran dalam hubungan dan pertemanan yang hangat. Sebagai anak, sudah sepatutnya Anda juga membalas kebaikan ibu dengan berusaha memenuhi apa yang dibutuhkannya.

"Salah satu yang bisa dilakukan adalah menghabiskan waktu bersamanya tanpa ada distraksi apapun sehingga ibu merasa benar-benar diperhatikan secara penuh, diapresiasi dan dicintai khususnya di momen Hari Ibu ini," paparnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara itu, ditambahkan Perwakilan Sasa Inti Fenny Kusnaidy, ibu tetap dianggap lebih memegang peranan penting dan bertanggung jawab dalam pengasuhan anak. Ibu mengambil banyak peran dalam kehidupan anak, mulai dari memberikan perawatan mendetail dalam keseharian sampai memberikan ketenangan saat anak remaja sedang dirundung masalah.

Bahkan media sosial saat ini dijadikan ibu sebagai metode pembelajaran dalam pengasuhan anak. Menurut Fenny, media sosial juga dapat memberikan dampak positif yakni untuk menyebarkan kebaikan atau inspirasi, belajar keterampilan baru, berkarya atau pun berkreasi.

Baca Juga: Begini Sejarah Lahirnya Hari Ibu 22 Desember

“Media sosial juga diharapkan menjadi pengingat bagi masyarakat akan perlunya menjaga kedekatan hubungan antar-anggota keluarga. Karenanya, sekali lagi, kami ingin mengajak masyarakat untuk meluangkan waktu, dan temani ibu mereka untuk bersuka cita di hari spesial ini,” tutup Fenny.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini