Share

Gunakan Pesawat Sewaan, Para Pebulu Tangkis Indonesia Bertolak ke Thailand Jalani 3 Turnamen

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 40 2338550 gunakan-pesawat-sewaan-para-pebulu-tangkis-indonesia-bertolak-ke-thailand-jalani-3-turnamen-OvpYng7WFN.jpg Tim bulu tangkis Indonesia bersiap berangkat ke Thailand. (Foto: PBSI)
A A A

JAKARTA – Para pebulu tangkis Indonesia telah bertolak ke Thailand untuk mentas di tiga turnamen leg Asia 2021. Tim yang berisi Hendra Setiawan dan kawan-kawan ini pun berangkat ke Negeri Gajah Putih -julukan Thailand- menggunakan pesawat sewaan khusus.

Skuad Merah-Putih berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, pada Senin (4/1/2021) pukul 12.30 WIB. Tim Indonesia sendiri berangkat menuju Bangkok, Thailand, dengan berisikan sebanyak 40 orang.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Jumlah ini terdiri dari pemain, pelatih teknik, pelatih fisik, dokter, terapis, dan masseur. Kondisi yang berbeda pun terlihat dari keberangkatan para pebulu tangkis Indonesia ke turnamen internasional kali ini.

BACA JUGA: Kento Momota Positif Covid-19, Skuad Jepang Gagal Tanding

Para pemain kini tidak memakai pesawat komersial biasa. Sebaliknya, para pebulu tangkis Tanah Air berangkat menggunakan pesawat sewaan.

Ketua Harian Pimpinan Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), Alex Tirta, menjelaskan bahwa penyewaan pesawat secara khusus ini dilakukan guna menjaga kesehatan serta keselamatan pemain. Dengan cara ini, para pemain diharapkan bisa terbebas dari infeksi virus Covid-19.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Kita menyewa pesawat semata-mata demi menjaga kesehatan dan keselamatan pemain. Kalau berangkat dengan pesawat komersial biasa, kita khawatir pemain bisa tertular virus dari penumpang umum yang lain,” ujar Alex Tirta, sebagaimana dikutip dari laman resmi PBSI, Senin (4/1/2021).

Penyelenggaraan turnamen bulu tangkis leg Asia 2021 di Thailand sendiri berlangsung dalam kondisi penerapan protocol kesehatan yang ketat. Setelah mendarat di Bangkok, para pemain akan menjalani swab test PCR (Polymerase Chain Reaction).

Swab test di PBSI

Lalu, tes dilakukan lagi pada pekan pertama, selama turnamen, dan terakhir sebelum kembali ke negara masing-masing. Paling tidak, ada tujuh hingga delapan kali tes usap PCR yang akan dijalani para pemain.

Tim Indonesia sendiri telah melakukan swab test PCR sebelum terbang ke Bangkok. Tes dijalani 40 orang yang masuk rombongan Indonesia ke Thailand di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, pada Sabtu 2 Januari 2021.

1
2
   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini