Share

Profil Anders Boesen, dari Kalahkan Taufik Hidayat hingga Selamatkan Nyawa Christian Eriksen

Ezha Herdanu, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 00:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 40 2426382 profil-anders-boesen-dari-kalahkan-taufik-hidayat-hingga-selamatkan-nyawa-christian-eriksen-07itQE1n2E.jpg Andres Boesen (kanan) (Foto: Reuters)
A A A

NAMA Anders Boesen memang tengah menjadi perbincangan dalam beberapa hari terakhir. Sebab aksi cepat tanggapnya berhasil menyelamatkan nyawa Christian Eriksen yang sempat mengalami kolaps di pertandingan antara tim nasional (Timnas) Denmark melawan Finlandia di Piala Eropa 2020.

Akan tetapi jauh sebelum aksi heroik tersebut, Boesen memang memiliki rekam jejak olahraga, terutama bulu tangkis. Boesen sendiri memang sempat berstatus sebagai pebulu tangkis profesional Denmark dan tampil di sejumlah turnamen internasional.

Boesen sendiri pertama kali terjun di olahraga tepok bulu tersebut pada 1995 dengan mentas di Republik Ceko Internasional pada nomor tunggal putra. Bahkan di turnamen tersebut, Boesen berhasil mencapai partai final. Namun di pertandingan final ia dikalahkan kompatriotnya, Thomas Sogaard.

Dokter Timnas Denmark

Gelar pertama yang dipetik oleh Boesen ketika tampil di Hungaria Internasional Cup 1995. Pada turnamen tersebut Bosens berhasil menjadi juara dengan mengalahkan perwakilan dari Inggris, Anthony Bush, dengan skor 15-9 dan 15-1.

Pada 2000, Boesen berkesempatan untuk tampil di salah satu turnamen bergenggsi, yakni Amerika Serikat (AS) Open. Pada turnamen tersebut, Boesen hanya mampu menjadi runner-up usai dikalahkan oleh pebulu tangkis legendaris Indonesia, Ardy Wiranata.

Baca Juga: Dokter Penyelamat Christian Eriksen Ternyata Pernah Kalahkan Taufik Hidayat di All England

Setahun berselang, Boesen membuat sebuah kejutan pada saat tampil di turnamen bergenggsi lainnya, yakni All England. Di turnamen tersebut Boesen secara mengejutkan mampu menyingkirkan Taufik Hidayat yang pada saat itu berstatus unggulan pada babak 16 Besar All England 2001.

Selain itu, Boesen juga beberapa kali tampi dalam turnamen beregu bersama Tim Denmark seperti Piala Thomas dan Sudirman Cup. Boesen pertama kali bermain di Sudiman Cup 2001, dengan turun di nomor ganda putra.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam turnamen yang berlangsung di Sevilla tersebut, Boesen pun berhasil membawa Tim Denmark meraih medali perunggu usai menelan kekalahan dengan skor 2-3 dari Tim China. Meski di pertandingan itu, Boesen sama sekali tak turun bertanding.

Berselang setahun, Boesen pun terdaftar sebagai pemain yang dibawa Tim Denmark untuk mentas di Piala Thomas. Dalam turnamen yang digelar di Guanzhou, Boesen tampil di nomor tunggal putra. Boesen pun sempat tampil di semifinal, namun dikalahkan Taufik.

Andres Boesen

Boesen sendiri akhirnya memutuskan gantung raket pada 2006. Semenjak saat itu, Boesen pun fokus untuk mengenyam pendidikan kedokteran dengan mengambil jurusan bedah arthroscopic dan traumatologi olahraga di Universitas Kopenhagen.

Baca Juga: Hasil Simulasi Olimpiade Tokyo 2020: Jonathan Christie Bungkam Chico Aura Dwi Wardoyo

Pada 2017, Boesen pun ditunjuk sebagai dokter tim papan atas Liga Denmark, FC Kopenhagen. Baru pada 2020 Boesen berserta sang kakak dipercaya untuk menjadi dokter Timnas Denmark yang juga dibawa ke Piala Eropa 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini