Share

Pantang Menyerah Jadi Kunci Sukses Timnas Italia Kalahkan Inggris di Final Piala Eropa 2020

Ezha Herdanu, Okezone · Selasa 13 Juli 2021 01:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 51 2439665 pantang-menyerah-jadi-kunci-sukses-timnas-italia-kalahkan-inggris-di-final-piala-eropa-2020-kETUpOUduu.jpg Timnas Italia menjuarai Piala Eropa 2020 (Foto: Reuters)
A A A

LONDON – Tim nasional (Timnas) Italia berhasil meraih hasil maksimal kala menjalani pertandingan final Piala Eropa 2020. Melawan Inggris, skuad Gli Azzurri –julukan Timnas Italia– mampu menang 3-2 via drama adu penalti dari lawannya.

Dalam pertandingan yang dimainkan di Wembley Stadium, Senin 12 Juli 2021, dini hari WIB, Timnas Italia memang tampil kurang menjanjikan pada menit-menit awal. Bahkan, Timnas Italia sudah harus melihat gawang mereka kebobolan pada menit ke-3 melalui sontekan Luke Shaw.

Kondisi tersebut memaksa Timnas Italia memperbaiki penampilan mereka demi mendapatkan gol penyeimbang kedudukan. Akan tetapi hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Inggris atas Timnas Italia tak berubah.

Infografis Timnas Itala juara Piala Eropa 2020

Pada babak kedua, Timnas Italia semakin gencar memberikan tekanan ke lini pertahanan Inggris. Alhasil, Timnas Italia pun berhasil menyamakan kedudukan dari Inggris pada menit ke-67 melalui tembakan dari Leonardo Bonucci.

Kedudukan 1-1 sendiri bertahan hingga waktu normal dan babak tambahan berakhir. Kondisi tersebut memaksa pemenang dari pertandingan final Piala Eropa 2020 antara Timnas Italia melawan Inggris harus ditentukan melalui drama adu penalti.

Baca Juga: Timnas Italia Tiba di Roma, Fans Berkumpul Beri Sambutan di Depan Hotel

Pada babak adu penalti, Timnas Italia memang lebih beruntung daripada Inggris. Pasalnya tiga dari lima penendang penalti Timnas Italia mampu menjalankan tugasnya. Sementara Inggris hanya dua penendang, sedangkan Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka gagal.

Berkat hasil tersebut, Timnas Italia berhak keluar sebagai juara Piala Eropa 2020. Ini juga menjadi akhir dari penantian panjang Timnas Italia untuk bisa kembali menjadi jawara Piala Eropa, setelah terakhir kali mereka dapatkan pada edisi 1968.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Salah satu personel Timnas Italia, Emerson Palmieri, pun memberikan komentar mengenai keberhasilan Timnas Italia menjuarai Piala Eropa 2020. Menurut Emerson, kerja keras menjadi kunci kesuksesan Timnas Italia menjadi pemenang di pertandingan kontra Inggris.

“Ini adalah malam yang luar biasa. Kami telah memimpikan momen ini. Hari ini kami akhirnya bisa memenangkan Euro yang kami harapkan bisa diraih sejak hari pertama kami bertemu untuk berlatih bersama,” jelas Emerson, seperti disadur dari Eurosport, Selasa (13/7/2021).

Timnas Italia

“Sekarang yang harus kami lakukan adalah merayakan untuk Italia. Kami tidak menyerah setelah gol awal mereka. Pertandingan berlangsung 120 menit. Kami tidak pernah menyerah – itulah kekuatan Italia,” sambungnya.

Baca Juga: Italia Juara Piala Eropa 2020, Mantan Klub Kurniawan Dwi Yulianto Ucapkan Selamat

“Kami berjuang dan berkeringat sampai menit terakhir. Kami berhasil membuatnya melalui adu penalti lagi. Saya benar-benar merasa sangat senang untuk grup dan semua penggemar,” tuntas pemain Chelsea tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini