Share

5 Pemain Naturalisasi yang Bersinar di Timnas Indonesia, Nomor 1 Rebut Perak SEA Games 2011

Ramdani Bur, Okezone · Senin 11 Oktober 2021 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 51 2484640 5-pemain-naturalisasi-yang-bersinar-di-timnas-indonesia-nomor-1-rebut-perak-sea-games-2011-wexvUtvBcd.jpg Stefano Lilipaly, salah satu pemain naturalisasi yang bersinar bersama Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@stefanolilipaly)
A A A

SETIDAKNYA ada 35 pemain yang dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak 2010. Hanya saja dari daftar tersebut, tidak semua tenaga si pemain dimanfaatkan Timnas Indonesia.

Ambil contoh Herman Dzumafo atau Osas Saha yang hingga kini tak kunjung membela Timnas Indonesia. Meski begitu, pemain naturalisasi yang mendapat kesempatan berseragam Timnas Indonesia juga tampil tak bagus-bagus amat.

Namun, ada beberapa pemain naturalisasi yang tampil lumayan. Lantas, siapa saja pemain naturalisasi yang bersinar bersama skuad Garuda? Bagaimana kiprah mereka bersama Timnas Indonesia?

Berikut 5 pemain naturalisasi yang bersinar di Timnas Indonesia:

5. Cristian Gonzales

Cristian Gonzales

Cristian Gonzales merupakan gerbong pertama dari program naturalisasi yang dilakukan PSSI. Penyerang berdarah Uruguay ini dinaturalisasi pada 2010, atau beberapa bulan sebelum turun di Piala AFF 2010.

BACA JUGA: 5 Pemain Naturalisasi yang Berpotensi Bikin Timnas Indonesia Makin Kuat di Piala AFF 2020, Nomor 1 Bomber Tajam

Cristian Gonzales ternyata tampil luar biasa bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Ia mencetak dua gol penentu kemenangan Timnas Indonesia atas Filipina di semifinal Piala AFF 2010. Tercatat selama lima tahun (2010-2015) membela Timnas Indonesia, Cristian Gonzales mengemas 12 gol dari 29 pertandingan.

4. Victor Igbonefo

Victor Igbonefo

(Victor Igbonefo saat berlatih bersama PersibĀ  Bandung. (Foto: Persib.co.id)

Sebenarnya tak ada prestasi yang dicatatkan Victor Igbonefo selama membela Timnas Indonesia. Namun, bek berpaspor Nigeria ini cukup konsisten membela Timnas Indonesia.

Dinaturalisasi sejak 2013, bek milik Persib Bandung ini masih berseragam Timnas Indonesia hingga kini. Terbaru, Victor Igbonefo dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk dua laga menghadapi Taiwan di playoff Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly sejak 2013 mendapat status WNI. Ia pun membela Timnas Indonesia di ajang-ajang besar seperti Piala AFF 2016 dan 2018, hingga Asian Games 2018.

Puncak performa Stefano Lilipaly tersaji di Piala AFF 2016 dan Asian Games 2018. Ia mengemas dua gol sekaligus membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala AFF 2016. Sementara di Asian Games 2018, gelandang berdarah Belanda ini mencetak empat gol.

Sayangnya, kiprah Timnas Indonesia U-23 terhenti di babak 16 besar Asian Games 2018 oleh UEA setelah kalah adu penalti. UEA sendiri merebut perunggu di Asian Games 2018.

2. Beto Goncalves

Beto Goncalves

Beto Goncalves mendapat status WNI di usia yang sudah tak muda lagi, yakni 38 tahun. Namun, itu bukan alasan penyerang berdarah Brasil untuk tampil garang. Bersama Timnas Indonesia, Beto Goncalves mengemas 10 gol dari 12 pertandingan.

Sayangnya, tak ada prestasi yang disabet bersama Timnas senior Indonesia. Kemudian, saat membela Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018, Beto mencetak empat gol dari lima pertandingan. Koleksi gol Beto Goncalves hanya kalah dari Ikromjon Alibaev (Uzbekistan, 5 gol) dan Hwang Ui-jo (Korea Selatan, 9 gol).

1. Diego Michiels

Diego Michiels

Di posisi puncak ada fullback Arema FC, Diego Michiels. Pemain yang satu ini jadi andalan pelatih Rahmad Darmawan saat Timnas Indonesia U-23 turun di SEA Games 2011.

Tampil dominan, Timnas Indonesia U-23 pun lolos ke final SEA Games 2011. Bermain di kandang sendiri yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno, membuat Timnas Indonesia U-23 dijagokan saat bersua Malaysia di partai puncak.

Sayangnya, Timnas Indonesia U-23 tumbang 3-4 dari Malaysia via adu tendangan penalti. Jadi dari nama-nama di atas, mana pemain naturalisasi yang paling bersinar di Timnas Indonesia?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini