Share

Hasil Borussia Dortmund vs Ajax Amsterdam di Liga Champions 2021-2022: Die Borussen Diobok-obok di Kandang

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Kamis 04 November 2021 05:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 04 261 2496388 hasil-borussia-dortmund-vs-ajax-amsterdam-di-liga-champions-2021-2022-die-borussen-diobok-obok-di-kandang-1KK0QF2mWQ.JPG Ajax merayakan kemenangan 3-1 atas Borussia Dortmund. (Foto: Reuters)
A A A

DORTMUND Borussia Dortmund dibuat babak belur di kandang sendiri karena Ajax Amsterdam tampil luar biasa di matchday keempat Grup C Liga Champions 2021-2022 pada Kamis (4/11/2021) dini hari WIB. Ajax berhasil mengobok-obok pertahanan tim tamu hingga akhirnya Dortmund takluk 1-3 di laga tersebut.

Bermain di Signal Iduna Park, Dortmund bermain dengan 10 pemain sejak menit 30 setelah Matt Hummels diganjar kartu merah oleh wasit. Namun mereka berhasil unggul terlebih dahulu lewat titik putih yang dieksekusi dengan baik oleh Marco Reus.

Akan tetapi, Ajax mampu bangkit di babak kedua. Mereka melesatkan tiga gol yang masing-masing diciptakan Dusan Tadic, Sebastian Haller dan Davy Klaassen.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pertandingan baru berjalan dua menit, Dortmund lansung mendapatkan tendangan bebas yang dieksekusi oleh Julian Brandt. Namun sundulan Matt Hummels yang menyambut umpan Brandt melambung tipis di atas mistar gawang.

Pada menit kedelapan, Jude Bellingham nyaris membuat tim tuan rumah unggul. Akan tetapi, pemain asal Inggris itu gagal menceploskan bola dengan sundulannya yang hanya melebar di sisi kanan gawang. Padahal, gawang terbuka lebar tanpa ada yang mengawal.

Sebelas menit berselang, giliran Ajax yang mendapatkan peluang lewat Steven Berghuis. Tapi sayang tendangan melengkungnya ke arah tiang jauh masih belum tepat sasaran.

Setengah jam laga berjalan, Dortmund harus kehilangan Hummels lebih cepat. Bek asal Jerman itu diusir keluar oleh wasit karena diganjar kartu merah usai melakukan pelanggaran keras pada Antony.

Pada menit 37, tim tuan rumah mendapatkan hadiah penalti setelah Bellingham dijegal oleh Noussair Mazroui. Marco Reus yang ditunjuk menjadi algojo sukses melaksanakan tugasnya dengan baik dan membawa Dortmund unggul satu gol.

Setelah itu, Ajax berusaha menyamakan kedudukan lewat peluang yang didapat Berghuis dan Lisandro Martinez. Tapi dua kesempatan itu tidak ada yang berbuah gol dan babak pertama pun ditutup dengan skor 1-0 untuk Dortmund.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Babak Kedua

Meski bermain dengan 10 orang, Dortmund tetap tancap gas di babak kedua. Mereka langsung mendapatkan peluang lewat Bellingham di menit 49 meskipun tendangan jarak jauhnya melambung tipis di atas mistar gawang.

Lima menit berselang, Bellingham lagi-lagi mengancam pertahanan Ajax. Dia menggocek Mazraoui dan mengirimkan umpan silang mendatar yang disambut tendangan kaki kiri Brandt tapi hanya melebar di sisi kiri gawang.

Unggul jumlah pemain, Ajax terus berusaha untuk menyamakan kedudukan. Salah satunya lewat tendangan Mazroui yang menyambut bola liar pada menit 64. Beruntung bagi Dortmund, karena sepakan bek kanan itu belum tepat sasaran.

Dua menit kemudian, Dusan Tadic mencoba peruntungan dengan melesatkan tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti. Akan tetapi, sepakan pemain asal Serbia itu belum mampu merobek gawang yang dijaga Gregor Kobel.

Tak menyerah, usaha Ajax untuk menyamakan kedudukan akhirnya berbuah manis di menit 72. Crossing dari Antony membentur pemain belakang Dortmund dan berbelok arah menuju Tadic. Melihat kesempatan menembak, Tadic langsung menendang bola dengan keras yang berhasil mengalahkan Kobel.

Tujuh menit jelang laga usai, Sebastian Haller membuat Ajax berbalik unggul. Mantan pemain West Ham United itu menanduk bola dengan keras ke gawang Dortmund usai mendapat umpan manis dari Antony.

Pada tambahan waktu babak kedua, Davy Klaassen memastikan kemenangan 3-1 untuk Ajax. Dia mencetak gol setelah memanfaatkan umpan yang lagi-lagi diberikan oleh Antony.

Berikut adalah susunan pemain Borussia Dortmund vs Ajax Amsterdam:

BORUSSIA DORTMUND (3-4-3): Gregor Kobel; Thomas Meunier, Mats Hummels, Manuel Akanji; Marius Wolf, Axel Witsel, Jude Bellingham, Thorgan Hazard; Julian Brandt, Marco Reus, Steffen Tigges.

Cadangan: Dan-Axel Zagadou, Youssoufa Moukoko, Reinier, Donyell Malen, Felix Passlack, Marin Pongracic, Marwin Hitz, Ansgar Knauff, Tobias Raschl.

AJAX (4-3-3): Remko Pasveer; Noussair Mazraoui, Jurrien Timber, Lisandro Martinez, Daley Blind; Edson Alvarez, Steven Berghuis, Ryan Gravenberch; Antony, Sebastien Haller, Dusan Tadic.

Cadangan: Perr Schuurs, Davy Klaassen, David Neres, Danilo, Devyne Rensch, Jay Gorter, Zakaria Labyad, Mohammed Kudus, Kenneth Taylor, Mohammed Daramy, Nicolas Tagliafico, Charlie Setford.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini