Share

Portugal Kalah dari Serbia, Cristiano Ronaldo di Ambang Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022

Cikal Bintang, MNC Portal · Senin 15 November 2021 04:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 51 2501739 portugal-kalah-dari-serbia-cristiano-ronaldo-di-ambang-gagal-lolos-ke-piala-dunia-2022-XVlsS4eGvT.jpg Laga Timnas Portugal vs Timnas Serbia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (Foto: Reuters)
A A A

LISBON – Laga Tim Nasional (Timnas) Portugal vs Timnas Serbia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa sudah rampung digelar. Hasilnya, Serbia sukses melibas Cristiano Ronaldo dkk dengan skor 1-2.

Dengan begitu, Serbia lolos berhasil memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022. Sementara Portugal, mereka di ambang gagal lolos ke Piala Dunia 2022. Ronaldo dkk perlu memenangi babak playoff untuk memastikan tiket ke Qatar.

Laga Timnas Portugal vs Timnas Serbia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Foto: Reuters

Bertanding di Stadion Lisbon, Portugal, pada Senin (15/11/2021) dini hari WIB, Timnas Portugal langsung membuka angka lewat Renato Sanches (2’). Akan tetapi, Timnas Serbia yang bermain ngotot membalasnya 10 menit menjelang akhir babak pertama lewat Dusan Tadic (35’).

Pada babak kedua, tak banyak peluang emas yang tercipta meski juru taktik kedua tim mencoba sejumlah strategi. Namun, gol Aleksandar Mitrovic (90’) di akhir laga mengubah segalanya, sekaligus mengirim Timnas Portugal ke babak playoff.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pada awal babak pertama, Timnas Serbia langsung dikejutkan dengan gol cepaat Renato Sanches (2’). Sanches berhasil merangsek masuk ke jantung pertahanan Orlovi -julukan Serbia- dan menceploskan bola dengan sempurna, Portugal unggul 1-0.

BACA JUGA: Berkat Gol Bunuh Diri Rusia, Kroasia Lolos ke Piala Dunia 2022

Selepas gol itu, jual beli serangan langsung terjadi antara kedua tim. Gempuran Serbia dipimpin oleh Sergej Milinkovic-Savic, sementara serangan Portugal diinisiasi oleh Renato Sanches. Namun, peluang-peluang yang diciptakan Orlovi lebih efisien.

BACA JUGA: Jorginho Lagi-Lagi Gagal Eksekusi Penalti untuk Italia, Francesco Totti Beri Pembelaan

Terbukti, tandukkan Dusan Vlahovic hampir saya merobek jala gawang Rui Patricio andai tak mengenai tiang. Memasuki menit ke-18, Cristiano Ronaldo sempat mendapatkan kesempatan untuk menjadi eksekutor tendangan bebas.

Akan tetapi, tendangannya masih melambung tinggi di atas mistar gawang, Selecao Das Quinas -julukan Timnas Portugal- belum bisa gandakan keunggulan. Setelah itu, giliran Timnas Serbia yang balik menyerang.

Secara bergantian, Andrija Zivkovic dan Milinkovic-Savic memimpin serangan balik yang dibangun Orlovi. Akan tetapi, upaya anak asuh Dragan Stojkovic belum menemui hasil.

Situasi tersebut terus terjadi meski Serbia urung mencetak gol. Gempuran demi gempuran mengancam gawang yang dikawal Patricio. Terbukti, Orlovi unggul dalam penguasaan bola dan sukses melepaskan enam tembakan ke gawang Portugal.

Upaya tersebut akhirnya berbuah manis, Serbia samakan kedudukan 1-1. Gol berawal dari umpan pendek Sasa Lukic kepada Dusan Tadic (35’). Tadic yang berada dalam posisi bebas berhasil mengelabui Patricio.

Pada akhirnya, babak pertama ditutup dengan gol cepat Sanches dan dominasi Serbia di lini tengah. Skor sama kuat 1-1 bertahan hingga peluit panjang akhir babak pertama ditiupkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Babak Kedua

Selecao Das Quinas memulai babak kedua dengan berinisiatif menyerang. Timnas Portugal masih mengandalkan Renato Sanches sebagai motor serangannya, sayang peran vital Ronaldo tak terlihat di awal babak kedua.

Laga Timnas Portugal vs Timnas Serbia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Foto: Reuters

Melihat kebuntuan itu, Fernandes Santos memasukkan beberapa penyerang di pertengahan babak kedua. Santos berinisiatif menyerang lewat lini tengah. Terbukti, ia memasukkan Bruno Fernandes dan Joao Palhinha untuk menambah daya gedor.

Akan tetapi, upaya itu masih belum membuahkan hasil lantaran Orlovi tampil solid di lini tengah. Bahkan, Dragan Stojkovic memasukkan beberapa pemain bertahan baru untuk membuat pertahanan Serbia semakin berlapis.

Barulah pada menit ke-80, Selecao Das Quinas berhasil mendapatkan peluang emas lewat Ronaldo. Sayangnya, sontekan manis Ronaldo belum cukup untuk mengelabui Rajkovic.

Namun begitu, petaka untuk Portugal justru terjadi di akhir laga usai Aleksandar Mitrovic (90’) mencetak gol untuk Orlovi. Pada akhirnya, keunggulan Serbia bertahan hingga akhir laga. Hasil kemenangan 2-1 sudah cukup untuk Serbia memastikan satu tiket ke Piala Dunia 2022.

Susunan Pemain Portugal vs Serbia:

Portugal (4-3-3): Rui Patricio, Joao Cancelo, Jose Fonte, Ruben Dias, Nuno Mendes, Renato Sanches (Ruben Neves 84’), Danilo Pereira (Andre Silva 90+3’), Joao Moutinho (Joao Palhinha 64’), Bruno Silva (Bruno Fernandes 64’), Cristiano Ronaldo, Diogo Jota (Joao Felix 84’).

Pelatih: Fernandes Santos

Serbia (3-5-1-1): Predrag Rajkovic, Milos Velijkovic (Uros Spajic 68’), Nikola Milenkovic, Strahinja Pavlovic, Andrija Zivkovic (Nemanja Radonjic 70’), Sergej Milinkovic-Savic, Nemanja Gudelj (Aleksandar Mitrovic 48’), Sasa Lukic, Filip Kostic (Luka Jovic 89’), Dusan Tadic, Dusan Vlahovic.

Pelatih: Dragan Stojkovic

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini