Share

Hukum Hubungan Badan dengan Kondom saat Istri Haid atau Nifas dalam Islam

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 15 Maret 2022 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 614 2561769 hukum-hubungan-badan-dengan-kondom-saat-istri-haid-atau-nifas-dalam-islam-yWR6G1iURm.jpg Hukum hubungan badan dengan kondom saat istri haid atau nifas (Foto: Freepik)
A A A

JAKARTA - Hukum hubungan badan dengan kondom saat istri haid atau nifas diatur dalam Islam. Hubungan badan antara suami dan istri memang dapat mendatangkan pahala dalam Islam. 

Tetapi, aktivitas seksual ini diharamkan dalam waktu-waktu tertentu, misalnya ketika istri sedang haid atau pun nifas. Larangan hubungan badan ketika istri dalam kondisi tidak suci sudah diatur dalam Al-Quran Suart Al-Baqarah ayat 222.

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

“Mereka bertanya kepadamu tentang haidh, katakanlah, ‘Itu adalah kotoran. Maka itu, jauhilah perempuan saat haidh. Jangan kalian dekati mereka hingga mereka suci. Kalau mereka telah suci, maka datangilah mereka dari jalan yang Allah perintahkan kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang bertobat dan orang yang bersuci."

Lantas, bagaimana jika hubungan badan dilakukan paki kondom? Apakah diperbolehkan dalam Islam? Jawabannya adalah tetap haram.

Meskipun menggunakan kondom saat berhubungan badan, tetap saja terjadi pertemuan antara dua kelamin dan ini jelas dilarang.

Syekh Abdurrahman Al-Jaziri dalam kitab Al-Fiqhu alal Madzahibil Arba‘ah, jilid 1, halaman 114, pernah membahas tentang hukum hukum hubungan badan dengan kondom saat istri haid atau nifas.

أما وطء الحائض قبل انقطاع دم الحيض فإنه يحرم ولو بحائل-كالكيس–المعروف

“Hubungan badan dengan perempuan yang sedang haidh haram meskipun dengan alat pengaman seperti kondom yang cukup terkenal."

Pada intinya, hukum hubungan badan dengan kondom saat istri haid atau nifas adalah haram. Tunggulah sampai istri benar-benar suci untuk bsia melakukan aktivitas seks tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini