Share

Tips Olah Daging Sapi Bagian Sengkel Jadi Hidangan Rendang Istimewa ala Chef Chandra

Pradita Ananda, Okezone · Selasa 22 Maret 2022 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 22 298 2565632 tips-olah-daging-sapi-bagian-sengkel-jadi-hidangan-rendang-istimewa-ala-chef-chandra-7G2XMPnuKz.jpg Tips olah daging sapi bagian sengkel (Foto: Pradita/MPI)
A A A

DAGING sapi dengan setiap bagian potongannya memang membutuhkan teknik masak yang berbeda-beda. Daging sapi yang terbagi menjadi dua bagian yakni bagian atas dan bawah, seperti dikatakan Chef Chandra Yudasswara punya metode pengolahan masing-masing.

“Daging sapi itu kan ada yang up ada yang bottom. Bagian atas itu pakai teknik dry cooking, nah kalau medium ke bawah contohnya cut shank (sengkel) itu butuh cairan atau liquid,” ujar Chef Chandra dalam acara “Chef Take Over Meat Livestock Australia (MLA)”, Senin (21/3/2022) di Ritz Carlton, Jakarta.

Chef Chandra

Seperti salah satu hidangan yang di-highlight di acara intimate dinner MLA hari ini, di mana Chef Chandra dan Chef Sean menyajikan contoh kreasi hidangan dari daging sapi potongan sengkel, ‘Braised beef shank shallot balsamic, oyster mushroom truffle oil parmesan and mascarpone risotto’. Contoh kreasi sajian protein dan karbohidrat lengkap, yang lezat dan kaya akan bumbu.

BACA JUGA : Intimate Dinner MLA: Sajian Istimewa Daging Wagyu dengan Singkong Goreng ala Chef Profesional

BACA JUGA : Gala Dinner Chef Take Over, MLA Perkenalkan Potongan Tak Populer Daging Sapi Australia

daging sapi australia

Merujuk pada contoh kreasi olahannya, Chef Chandra merekomendasikan daging sapi potongan bagian bawah seperti sengkel, diolah di rumah menjadi masakan seperti stew atau rendang.

“Kalau di rumah slow cooking, bisa dimasak jadi rendang. Memang trik memasak bagian ini harus sabar dan butuh banyak liquid, beda sama potongan top side seperti flank, rib eye, sirloin dan tenderloin,” pungkas Chef Chandra singkat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini