Share

Kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait di Luar Ekspektasi, Shin Tae-yong Sebut Level Sepakbola Tanah Air Terus Berkembang

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Kamis 09 Juni 2022 09:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 51 2608318 kemenangan-timnas-indonesia-atas-kuwait-di-luar-ekspektasi-shin-tae-yong-sebut-level-sepakbola-tanah-air-terus-berkembang-5FvZAvWgVc.jpg Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bersama para pemain Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)
A A A

KUWAIT CITY – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengakui kemenangan atas Timnas Kuwait di laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di luar ekspektasinya. Kini, kemenangan tersebut pun dipandang Shin Tae-yong menjadi bukti bahwa level sepakbola di Indonesia makin berkembang.

Ya, skuad Garuda tampil apik di Jaber Al-Ahmad International Stadium pada Rabu 8 Juni 2022 malam WIB. Timnas Indonesia menang comeback dengan skor 2-1.

Timnas Indonesia vs Timnas Kuwait

Kuwait lebih dulu unggul melalui gol yang dicetak lewat tandukan Yousef Nasser (41’). Kemudian, Timnas Indonesia membalasnya lewat penalti Marc Klok (44’) dan kedudukan berbalik lewat gol Rachmat Irianto (47’).

BACA JUGA: Jadwal Timnas Indonesia vs Timnas Yordania di Kualifikasi Piala Asia 2023: Misi Shin Tae-yong Rebut Kemenangan Kedua

Kemenangan ini diakui Shin Tae-yong di luar ekspektasinya karena Kuwait memiliki level di atas Timnas Indonesia. Dari ranking FIFA saja, Kuwait menempati peringkat 145, sementara Indonesia di peringkat 159.

BACA JUGA: Kemarahan Shin Tae-yong Ini Bikin Timnas Indonesia Bungkam Kuwait dan Berpotensi Lolos ke Piala Asia 2023 sebagai Juara Grup A

Namun sebelum laga, Shin Tae-yong melihat skuadnya bisa menjadi penantang yang menyulitkan. Kemenangan yang mereka dapat pun diperoleh dari semangat pantang menyerah skuadnya.

"Sebelum menjalani laga ini saya berpikir ini menjadi kesempatan kami menantang lawan yang lebih tangguh," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Saya tak berekspektasi lebih untuk menang, tapi saya yakin kami bisa menantang mereka,” lanjutnya.

"Namun, di sisi lain, saya juga yakin kemenangan akan menyertai kami tergantung dari seberapa besar perjuangan anak-anak di lapangan,” jelasnya.

Timnas Indonesia vs Timnas Kuwait

Di sisi lain, dalam lima pertemuan terakhir, Timnas Indonesia hanya memperoleh satu kali kemenangan. Adapun kemenangan terakhir didapat Timnas Indonesia pada 42 tahun yang lalu, tepatnya pada 1980.

"Saya tidak yakin kapan terakhir kali Indonesia menang atas Kuwait. Tapi dengan kemenangan ini, saya tak ragu sepakbola Indonesia akan terus berkembang lebih baik lagi,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini