Share

Potret Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Buton di Upacara Kemerdekaan HUT Ke-77 RI

Muhammad Sukardi, Okezone · Rabu 17 Agustus 2022 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 194 2649354 potret-presiden-jokowi-pakai-baju-adat-buton-di-upacara-kemerdekaan-hut-ke-77-ri-6qMqKz2juO.jpg Presiden Jokowi pakai Baju Adat Buton di HUT Ke-77 RI (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
A A A

PRESIDEN Jokowi selalu berhasil mencuri perhatian di peringatan Upacara Kemerdekaan HUT Ke-77 RI. Di 2022, Jokowi mengenakan baju adat Buton, Sulawesi Tenggara.

Pakaian tersebut berwarna merah sangat terang dengan detail embroidery silver menghiasi body pakaian tersebut. Peci merahnya pun cukup menarik dilihat, terlebih ada motif di bagian tengah.

Jokowi Baju Adat Buton

Bisa dijelaskan detail pakaian yang dikenakan Jokowi, untuk innernya Jokowi mengenakan semacam kemeja etnik berwarna silver full embroidery. Ia paduan dengan jas merah yang indah sekali.

Tak lupa di sana ditambahkan kain seperti sarung berwarna hitam putih yang dikenakan serupa dengan pria Melayu dengan kain songketnya. Seentara tu, untu celana dia mengenkaan celana satu set dengan outer yang dikenakan.

Jokowi Baju Adat Buton

Jika diperhatikan detailnya, ada semacam senjata yang diselipkan di sisi kiri tubuh Jokowi, sebagai bagian dari aksesori pakaian. Tongkat hitam dengan ujung emas menyempurnakan gayanya bak Raja.

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton," ujar Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, beberapa waktu sebelum upacara dimulai.

Jokowi Baju Adat Buton

Sementara itu, terlihat di belakangnya Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan pakaian senada dengan sang suami, tapi dengan warna berbeda. Ya, Iriana mengenakan pakaian adat berwarna ungu. Embroidery yang ada di pakaian tersebut berwarna emas, tampak begitu elegan.

Luar biasanya, Iriana Jokowi mengenakan headpiece super besar dan tinggi yang sepertinya terbuat dari emas. Wastra Nusantara terlihat sangat indah menyempurnakan gaya tampilannya. Alas kakinya, Iriana Jokowi mengandalkan sandal Hermes.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini