Share

Paman Gery Kenalkan Budaya ke Anak-Anak Lewat Dongeng Nusantara di Panggung Jagantara

Muhammad Sukardi, Okezone · Rabu 17 Agustus 2022 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 612 2649598 paman-gery-kenalkan-budaya-ke-anak-anak-lewat-dongeng-nusantara-di-panggung-jagantara-1hKKahJsdu.jpg Paman Gery Kenalkan Budaya Indonesia kepada Anak Lewat Dongeng (Foto: Sukardi/MPI)
A A A

MENGENALKAN budaya ke anak-anak tidak bisa dengan cara yang serius. Diperlukan pendekatan yang lebih 'fun' agar mereka paham bagaimana menjaga warisan budaya Indonesia.

Paman Gery, pendongeng, punya cara tersendiri untuk mengenalkan budaya Indonesia ke anak-anak. Di panggung Jagantara, Paman Gery bercerita tentang kisah Timun Mas yang menurutnya itu bisa menjadi cara mengenalkan budaya ke anak-anak.

Paman Gery

"Menjelaskan apa itu budaya Indonesia ke anak-anak itu perlu cara yang berbeda, dan aku pilih dongeng. Menurutku, itu salah satu cara terbaik menjelaskan budaya Indonesia ke anak-anak," terangnya saat diwawancarai MNC Portal, Rabu (17/8/2022).

"Anak-anak tidak bisa dijelaskan apa itu Wastra Nusantara, karena itu terlalu berat untuk dijelaskan. Makanya, dongeng Timun Mas aku pilih, selain karena asal cerita asli Indonesia, tapi juga punya pesan yang luar biasa," tambahnya.

BACA JUGA : Manfaat Mendongeng untuk Anak, Salah Satunya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Paman Gery

Ya, ada pesan moral di balik dongeng Timun Mas. Adalah bagaimana si anak bisa memecahkan masalah. Dari dongeng itu, si anak dicoba untuk bisa mengetahui masalahnya dan tahu cara mengatasinya.

"Dari dongeng itu, aku coba selipkan pesan bahwa anak-anak tidak boleh cengeng, tapi bisa mengatasi masalahnya," ungkap Paman Gery.

BACA JUGA : Hari Dongeng Nasional, Ini Manfaat Mendongeng untuk Anak

Paman Gery

Pendongeng yang punya nama asli Gery Saleh tersebut pun mengutarakan bangga bisa mendongeng di Jagantara. Acara semacam ini perlu ditingkatkan karena anak-anak juga perlu dikenalkan budaya Indonesia, sehingga mereka tetap mengenal 'roots'-nya.

"Jagantara yang dipelopori Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation ini sangat bagus menyisipkan acara untuk anak-anak. Jadi, ini sarana yang efektif sekali terlebih ini momennya pas Hari Kemerdekaan," ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Paman Gery menitip pesan kepada para orangtua agar kembali mendongeng untuk anak-anaknya. Ini penting, karena di balik dongeng ada cara bonding yang efektif antara orangtua dan anak.

"Sudah menjadi tugas para orangtua untuk membacakan dongeng ke anak-anak. Ini cara bonding yang baik dan sebisa mungkin bacakan dongeng Nusantara supaya tetap menyelipkan budaya Indonesia ke anak-anak," tambah Paman Gery.

Paman Gery

Perlu diketahui, Paman Gery di Jagantara ini tak hanya mendongeng, tapi juga mengajak anak-anak untuk bernyanyi bersama lagu-lagu daerah maupun nasional.

Selain itu, ada banyak mainan tradisional yang dibawa di panggung Paman Gery, sehingga anak-anak zaman sekarang tahu seperti apa permainan Indonesia di zaman dulu. Ini sejalan dengan misi WBI Foundation untuk menjaga budaya Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini