Share

HARI MERDEKA: Hadiri Upacara Peringatan HUT RI ke -72 di Istana Merdeka, Keluarga SBY Kompak Kenakan Kain Songket Palembang

Pradita Ananda, Okezone · Kamis 17 Agustus 2017 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 17 194 1757681 hari-merdeka-hadiri-upacara-peringatan-hut-ri-ke-72-di-istana-merdeka-keluarga-sby-kompak-kenakan-kain-songket-palembang-zQnBvr4ztJ.jpg Keluarga SBY (Foto: Instagram)
A A A

TEPAT hari ini, Kamis 17 Agustus 2017 Republik Indonesia merayakan peringatan hari Kemerdekaan yang ke-72. Sebagaimana di tahun-tahun sebelumnya, yakni secara rutin dilaksanakan upacara bendera di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Seperti upacara peringatan HUT RI biasanya, maka jajaran mantan Presiden dan Ibu Negara juga turut hadir dalam upacara pengibaran bendera tersebut. Salah satu mantan Presiden dan Ibu Negara yang hadir tahun ini, ialah Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono beserta istri, Ani Yudhoyono.

Menyelaraskan tema upacara peringatan HUT RI kali ini, yakni 'Merdeka dalam Keberagaman'. SBY dan Ani yang tiba sekitar pukul 09.00 WIB di Istana Merdeka terlihat serasi dan kompak dalam balutan busana yang senada yakni bertemakan pakaiana adat dari provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:

HARI MERDEKA: Kisah Perjuangan Dr Sardjito, Bangun Pos Kesehatan hingga Berikan Pengobatan untuk Prajurit Indonesia

HARI MERDEKA: Lomba Lucu saat 17 Agustus, Lomba Ngedot hingga Dandan dengan Mata Tertutup

SBY memakai setelan jas berwarna hitam dan songket khas Palembang berwarna merah keemasan, dengan menambahkan aksesori berupa bros bunga warna emas. Sedangkan Ani terlihat elegan seperti biasanya, dalam balutan kebaya kutu baru panjang yang dipasangkan dengan kain songket Palembang yang juga berwarna merah keemasan sebagai kain rok bawahan, ibu dari Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono ini juga tidak lupa menyematkan selendang kain songket Palembang sebagai penyempurna penampilannya.

 

Mengenakan pakaian adat bertemakan Sumatera Selatan, tampaknya memang menjadi pilihan keluarga SBY-Ani untuk bergaya dalam menghadiri upacara tahun ini. Pasalnya, sang putra pertama beserta sang istri, Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan serta Edhie Baskoro Yudhoyono dan Aliya Rajasa, diketahui juga kompak mengenakan busana adat dari Sumatera Selatan.

Agus terlihat gagah dengan memakai setelan jas hitam beserta kain songket warna merah seperti sang Ayah, sedangkan Annisa datang lewat balutan kebaya panjang warna nude keemasan dan kain songket Palembang warna baby pink sebagai kain rok bawahan dan selendang. Sementara itu, Ibas juga terlihat mengenakan kostum yang sama dengan sang Ayah dan sang Kakak, sedangkan Aliya tampil cerah dalam balutan kebaya dan kain songket Palembang warna merah.

 

Sementara itu, sebagai komandan upacara, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana sendiri diketahui mengenakan pakaian adat dari Banjar, Kalimantan Selatan yaitu setelan jas warna hitam dipadukan dengan kain serta kain penutup kepala warna fushia. Iriana sendiri datang dengan pakaian adat Minang, Sumatera Barat berupa kebaya panjang warna merah dan kain warna coklat tanah, dan juga tidak lupa hiasan kepala berwarna merah dan emas.

BACA JUGA:

HARI MERDEKA: Libur 17 Agustus, Anda Bisa Jalan-Jalan Naik KRL Gratis!!!

HARI MERDEKA: Gagahnya Pak SBY Didampingi Ibu Ani di Istana, Kompak Padukan Kain Songket

Diketahui lebih lanjut, tidak hanya Presiden Jokowi, ternyata para menteri dan pejabat yang hadir juga memakai pakaian adat dari berbagai macam daerah. Begitu juga dengan sekitar 15.000 tamu undangan lainnya, yang tampak semarak warna-warni hadir dengan busana adat dari macam-macam provinsis di Indonesia.

Rangkaian HUT RI di Istana sendiri tadi diawali dengan berbagai acara hiburan pukul 08.00 WIB lalu baru pada pukul 10.00 WIB, digelar upacara penaikan bendera merah putih.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini